Duh Ketombe Bisa Menular? Mitos atau Fakta?

Jangan dekat-dekat, nanti kamu ketombean lho, kaya Si A. Wah, apa bener ya Girls, ketombe itu bisa menular. Duh jadi langsung merasa gatal deh rambut mendengar ini.

Ketombe memang menjadi masalah umum yang mengganggu kesehatan rambut. Nah, ketombe sendiri bisa muncul akibat infeksi jamur. Hal ini yang sering diyakini orang kalau ketombe bisa menular.

Biar kamu nggak keburu panik dan menuduh teman yang menularkan ketombe, simak dulu penjelasan di bawah ini.

Penyebab

Ada banyak sebab nih yang bikin rambut kamu ketombean. Tapi pada umumnya ketombe muncul karena lapisan pelindung kulit yang lemah disertai dengan kehadiran malassezia yang memicu ketombe.

Penyebab lain karena kulit iritasi, berminyak. Ketombe juga muncul karena kuring kering, tidak rajin keramas dan kulit kepala sensitif dengan produk perawatan tertentu. Akibatnya kulit kepala merah, gatal dan bersisik.

Menular

Ups tenang dulu ya Girls, faktanya ketombe itu nggak menular kok. Jadi yang bilang ketombean menular itu hanya mitos ya.

Bahkan menurut penelitian, ketombe tidak bisa menular. Meski memang disebabkan oleh infeksi jamur tetapi ketombe tidak bisa menular. Jadi jangan takut ya, kalau kamu atau teman kamu ketombean terus berdekatan. Ketombe nggak bakal melompat dan menular kok.

Tapi ketombe bisa muncul dan bertambah buruk jika suhu dan kelembapan di kulit kepala meningkat yang membuat kamu berkeringat.

Jadi, kalau kamu punya masalah ketombe wajib nih menjaga suhu di kepala agar selalu sejuk.

Cara mencegah ketombe

Tapi meski ketombe nggak menular, kamu juga harus menjaga rambut agar tidak ketombean.

Caranya gampang kok, ikuti tips di bawah ini ya.

  • Kalau kulit kepalamu cenderung kering, lembapkan dengan minyak kelapa. Biarkan semalaman. Lalu cuci sampai bersih keesokan harinya.

Stop menggunakan produk perawatan rambut atau cat rambut yang mengandung bahan kimia sebab bisa mengiritasi kulit kepala dan membuat ketombe bertambah parah.

Jangan malas membersihkan rambut. Cuci rambut setidaknya 2 kali dalam seminggu dan keringkan. Jika rambutmu basah karena hujan, segera cuci dan juga keringkan. Hal ini membantu untuk mengurangi kotoran yang menyebabkan infeksi sehingga terjadi ketombe.

Nah kamu bisa keramas dengan Emeron Anti Dandruff Shampoo. Jadi kamu nggak perlu takut ketombe menular, karena sekarang rambut bisa bilang “bye-bye ketombe.”

Comment

Leave a Reply

Emeron