Diet Ternyata Bisa Sebabkan Ketombean

Buat kamu yang sedang menjalani program menurunkan berat badan, coba deh diperhatikan lagi pola diet yang dijalanin. Jangan sampai tujuan diet ingin menurunkan berat badan berhasil, tapi masalah baru datang yaitu rambut berketombe.

Ternyata nih pola diet yang kamu jalani bisa menjadi penyebab munculnya ketombe. Karena saat menerapkan diet, bisa membuat kamu kehilangan nutrisi atau mengalami alergi terhadap jenis makanan tertentu.

Yuk cari tahu soal diet dan penyebab ketombe lebih lengkap di sini!

Kehilangan nutrisi

Saat kamu menjalani program diet, apalagi tanpa pengawasan ahlinya bisa membuat kamu kehilangan nutrisi vitamin B dan seng.

Nah, hilangnya vitamin B dan seng yang dibutuhkan tubuh bisa meningkatkan risiko munculnya ketombe. Padahal vitamin B memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Jadi kurangnya asupan vitamin B yang diserap tubuh akan menyebabkan rambut berketombe.

Sedangkan seng adalah zat untuk melawan ketombe. Karena seng mengandung antibakteri yang memperlambat kemunculan ketombe. Jadi kalau kamu diet dan kekurangan seng, kamu rentan berketombe.

Ubah diet ke pola makan sehat

Salah satu penyebab ketombe muncul adalah asupan makanan yang tidak tepat. Ini juga yang membuat ketombe muncul berulang kali dan membuat kamu kesal, ya!

Daripada kamu diet tanpa pengawasan dan menyebabkan masalah baru yaitu kekurangan vitamin B dan seng yang bisa membuat ketombe muncul, sebaiknya ubah pola makan saja.

Hindari mengonsumsi makanan olahan, gula, junk food, gorengan yang berlebihan. Jenis makanan yang disebutkan tadi adalah menyebabkan peradangan yang pada akhirnya berujung pada ketombe.

Solusi

Lalu bagimana nih biar diet kamu nggak sebabkan masalah rambut berketombe? Ini caranya.

  1. Hindari makanan yang mengandung gula berlebih, garam dan lemak jenuh trans.
  2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau dalam makanan.
  3. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan dan mineral seperti zinc dan vitamin B. Misal, seral, biji-bijian dan telur.
  4. Kurangi makanan pedas. Karena saat makan pedas kamu akan berkeringat dan ini bisa menyebabkan ketombe. Dengan berkeringat, akan meningkatkan kerentanan lapisan luar sel kulit di kepala.
  5. Jauhkan makanan berlemak. Kelebihan lemak juga dapat memicu munculnya ketombe.

Selain mengatur pola makan, kamu juga bisa nih menjaga kebersihan rambut dengan mencuci rambut rutin dengan Emeron Shampoo Anti Dandruff.

Kandungan Active pro-Vit amino pada Emeron Shampoo Anti Dandruff Control sangat ampuh untuk menutrisi rambut dari akar agar rambut sehat dan kuat. Dan juga bisa mengurangi minyak di kepala untuk membasi bakteri penyebab ketombe. So bye-bye ketombe!

Comment

Leave a Reply

Emeron